logo blog
Selamat Datang Di Blog Coretanku,Ceritaku
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Mengenali Potensi Diri Sendiri


Cara Mengenali Potensi Diri Sendiri
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Artikel kali ini adalah jawaban dari pertanyaan sobat Yusup yang menanyakan "bagaimana kita bisa mengetahuai potensi diri kita ?" pada Artikel saya sebelumnya tentang Motivasi Dan Potensi Diri

potensi

Setiap manusia memiliki potensi diri yang berbeda-beda.
Namun masih banyak yang belum menyadari potensi yang dimilikinya,padahal potensi tersebut sangat penting dan dapat menunjang masa depan kita kelak,apa lagi kita sebagai generasi penerus bangsa yang harus bisa mengenali potensi yang kita punya.

Berikut ini adalah Cara Mengenali Potensi Diri Sendiri :


1. Kenali diri sendiri
Dengan begitu kita akan tahu potensi yang terpendam didalam diri kita, ada beberapa cara untuk bisa mnegenali diri sendiri
diantaranya Coba buat daftar pertanyaan, seperti: apa yang membuat kita bahagia? apa yang kita inginkan dalam hidup ini? apa kelebihan dan kekuatan kita? dan apa saja kelemahan kita?
Kemudian jawablah pertanyaan tersebut secara jujur dan objektif. kita bisa meminta bantuan kepada keluarga atau sahabat untuk menilai kelemahan dan kekuatan kita.


2. Tentukan tujuan hidup
Setiap manusia memiliki motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan hidupnya. Coba kita kenali apa motivasi hidup kita, apa yang bisa membuat kita semangat untuk bisa menghasilkan karya terbaik dan sebagainya. Sehingga kita punya kekuatan dan dukungan moril dari dalam diri untuk menghasilkan yang terbaik, baik untuk diri sendiri, keluarga, dan orang lain.

3. Hilangkan negative thinking
Buang jauh-jauh pikiran-pikiran negatif yang bisa menghambat langkah kita dalam mencapai tujuan.
Setiap kali kita menghadapi hambatan,coba untuk tidak menyalahkan orang lain.
Lebih baik mengevaluasi lagi langkah kita mungkin ada sesuatu yang perlu diperbaiki.

4. Jangan mengadili diri sendiri
Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dalam mencapai tujuan kamu,jangan menyesali dan mengadili diri sendiri,Hal ini cuma akan membuang waktu dan energi.
seharusnya kita bangkit dan menatatap masa depan,jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan bahan pelajaran untuk maju.

Semoga ulasan diatas tentang Cara Mengenali Potensi Diri Sendiri dapat membantu dan bermanfaat untuk kita semua....آمِيْنُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

وَسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Enter your email address to get update from Coretanku,Ceritaku.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

48 komentar

salah satunya berfikir positif yang paling sulit, kadang mau berfikir postif, yang negatif datang duluan, nice artikel sob.lanjutkan

Balas

ehm... sepertinya yang pertama adalah yang utama. wah bisa buka konsultasi psikologi nie di sini ? ok lah, ane belajar di sni

Balas

yang penting tetep positif thingking aja sob,,
mau absen disini sob,,,boleh kan...???
happy blogging....

Balas

silahkan sob,dengan senang hati
teimakasih sudah berkunjung

Balas

belajar bersama sob,itu yang penting
jika saya ada yang tidak tahu,maka saya pun akan bertanya pada sobat semua

Balas

terimakasih atas kunjunganya

Balas

Mulailah kebaikan dari diri sendiri : Cintai diri sendiri, perbaiki diri sendiri, dan maafkan diri sendiri. :)

Balas

setuju banget bang cara mengenali potensi diri, sangat bermanfaat...sukses buat anda bang

Balas

mantaap,,, mkasih jawabnnya,,

Yang nmr 1 tuh yg blum sy lakukan, slama ini sy hanya mengetahui potensi diri ketika orang lain meminta saya u/ 'melakukan sesuatu', dan permentaan itu banyak diminta oleh orang lain,,, dari sini sy menebak, ''ooo,, ini mungkin kelebihan saya''

Balas

gimana tidak tau gan, kan agan yang buat. berarti si agan yang tau dong... ya ga? hehehhe. ok,pis ah.

Balas

semoga bermanfaat sob

Balas

betul sobat Acshan
terimakasih hadir kembali

Balas

sukses juga buat anda bang Reo
teimakasih

Balas

betulx3 KY setuju, yg penting jangan putus asa

Balas

wah ternyata si agan menemukan potensi dirinya dengan cara yang unik. keren.

Balas

empat hal yang sederhana, namun sulit untuk di praktekan. semoga saya bisa mengali potensi diri seperti si akang.

Balas

Insya-Allah
aamiin

Balas

tu kuncinya KY

Balas

Masukan yang sangat berharga buat saya dalam upaya saya mengenali diri sendiri. Namun yang sering terjadi adalah saya menyalahi diri sendiri jika sesuatu gagal diperoleh atau didapatkan.

Balas

dan lakukan semua itu dengan kesadaran penuh.. ckckck.. mantap!!!

Balas

di nomor 1 di atas, penting juga ya kita punya catatan pribadi untuk itu. cuma kayaknya ceweq banget ya, kalo saya ketauan istri bawa catatan begituan, malah ketawa ntar dia. gimana nih Mas mengatasi ini..

menghilangkan negative thinking, OK saya sebenarnya biasa banget untuk tidak berfikir negatif tentang orang lain, tapi karena kadang lingkungan mengajarkan itu, saya jadinya kayak layangan gitu. payah tenan saya.

Balas

tu malah saya mengadili diri saya sendiri. payah lagi. walahh.

Balas

sipp.. kadang saya kurang konsisten tentang tujuan hidup. dan bahkan seringkali mengadili diri sendiri.. ah entahlah.

Balas

sangat penting dalam pengendalian diri....makasih infonya

Balas

terimaksisih sob info dan tipsnya,,,
poin-poin di atas belumbisa semuanya saya kerjakan kaena saya tidak yau sih hihih.. dan sekarang saya tau sob ,, Inssalloh saya akan menjalankan saran-saran sobat katakan di atas,,,
poin yang aga berat yaitu berpikir positif hehe :D
sekalilagi trims ya sob ...

Balas

Sip ...

Bermanfaat banget ni sob,

Mulai Hari ini saya buat koesioner untuk diri pribadi hih

Balas

Gagal...!
sebetulnya dalam mewujudkan sebuah usaha kita tidak gagal,cuma mungkin belum berkesempatan untuk berhasil atau sukses.
menyalahkan diri sendiri buka jalan yg terbaik,sebaiknya membenahi diri untuk melengkah kedepan agar lebih baik lagi.

terimakasih kunjunganya,semoga bermanfaat.

Balas

terimakasih kunjunganya

Balas

tidak semestinya mempunyai catatan pribadi kesanya seperti cewe,toh banyak lelaki yg mempunyai catatan pribadi.namun itu juga terpulang pada pendapat masing-masing individu.

hehe.....manusiawi sekali mas,meskipun kita selalu berfikiran positif namun pada saat tertentu kita juga kadang bisa berfikir negatif.

Balas

semangat sob.....belajar untuk menerima reality kehidupan.
terimakasih kunjunganya

Balas

terimakasih juga kunjunganya

Balas

terimakasih kembali sob,semoga sukses selalu buat anda

Balas

terimakasih kunjunganya sob

Balas

boleh ini bagus banget invonya.

Balas

ini nih yang perlu diterapkan para blogger kang :)
ane sepakat dengan poin 1-4 diatas. :)
semua itu saling berkaitan => vmb kang

Balas

terimaksih kunjunganya sob

Balas

terimakasih sob

Balas

heheh, koment ane ga dibales. sibuk kali yang punya rumah ya? ok dah ga papa, semoga si empunya lagi mengali potensi diri agar bisa di bagi kembali.

Balas

yg punya rumah lagi sibuk jadi panitia korban kali ya gan....:)
Selamat Hari Raya Idul Adha 1433 H

Balas

kunjungan gan,bagi - bagi motivasi
Hal mudah akan terasa sulit jika yg pertama dipikirkan adalah kata SULIT. Yakinlah bahwa kita memiliki kemampuan dan kekuatan.
ditunggu kunjungan baliknya yaa :)

Balas

terimakasih atas kunjunganya

Balas

Thanks sob sudah berbagi pengetahuan :)

Balas

ane masih sulit sob...minta bantuanya y

Balas

teori yang anda sampaikan sangat menarik

Balas

Thanks sob untuk informasinya :)
http://goo.gl/wz7Qha

Balas

Terima kasih atas sharenya. Sangat bermanfaat.
Terkadang sulit untuk menghilangkan negative thinking

Balas

Copyright © 2013. Coretanku,Ceritaku - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger